KEGIATAN BAKTI SOSIAL MAHASISWA (KBSM) HIMAGRI

Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Program studi Agribisnis telah melakukan kegiatan KEGIATAN BAKTI SOSIAL MAHASISWA (KBSM) di Desa Maja, Punduh Pidada, Pesawaran. Kegiatan KBSM dilaksanakan selama 3 Hari 2 malam pada tanggal 8-10 Desember 2017 yang di ikuti oleh 302 orang mahasiswa/i Agribisnis. Kegiatan KBSM adalalah program tahunan yang sudah ada sejak lama. Dalam acara KBSM ini banyak hal dan kegiatan yang dilakukan, mulai dari penyuluhan kepada petani meliputi pembuatan pupuk bokasi dari batang pisang, Pembuatan Sale Kulit Pisang, Pembuatan MOL ( Mikro Organisme Lokal ). Selain penyuluhan, kegiatan yang lain nya yaitu Sosialisasi Ke Anak – Anak TK dan ke Siswa/i di SMA N 1 PUNDUH PIDADA, Masyarakat sekitar desa maja pun sangat antusias dengan kegiatan ini, dalam hal ini karang taruna setempat memberikan acara sambutan kepada mahasiswa agribisnis dengan Acara Adat Lempar Selendang yang sudah menjadi adat istiadat penyambutan di desa setempat.

Penyuluhan yang dilakukan oleh mahasiswa/i Agribisnis semester 5 kepada masyarakat desa maja setempat adalah tentang pembuatan pupuk bokasi dari batang pisang, dengan latar belakang banyaknya tumbuhan pisang yang ada di desa maja dan belum digunakan dengan baik seperti bonggol dan gedebog pisang yang kaya akan kandungan nitrogen. Sehingga limbah yang satu ini patut mendapatkan perhatian oleh petani untuk dimanfaatkan sebagai bahan pupuk cair hayati. Ketersediaan bonggol sangat melimpah, ini karena petani pisang pada umumnya hanya membiarkan bonggol-bonggol dan batang pisang tersebut hingga membusk begitu saja setelah memanen buahnya.  Selain pembuatan pupuk bokasi batang pisang, pembuatan sale kult pisang pun telah dilakukan oleh mahasiswa/i agribisnis semester 5 untuk masyarakat di desa maja karena  kebanyakan masyarakat ataupun petani ketika sudah memanen buah pisang, Kulit nya belum tertangani dengan baik yaitu hanya dibuang begitu. Oleh karena itu, Mengingat kandungan gizi yang tinggi pada kulit pisang dan juga untuk added value ( nilai tambah ) serta membuat peluang usaha baru untuk masyarakat desa maja dan sekitarnya.

Banyak sekali kegiatan positif dan bermanfaat yang dilakukan oleh keluarga besar Agribisisnis dalam kegiatan KBSM ini. Salah satunya lagi yaitu sosialisasi pentingnya meneruskan pendidikan perguruan tinggi yang telah dilakukan di SMA N 1 PUNDUH PIDADA. Mahasiswa Agribisnis memberikan motivasi kepada siswa/i kelas XII SMA N 1 PUNDUH PIDADA sekaligus mempromosikan kelebihan pendidikan vokasi yang ada di POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG. Dengan Antusias dari siswa/i tersebut dapat terlihat semangat dan minat mereka untuk meneruskan pendidikan perguruan tinggi. Selain itu, untuk mengisi waktu luang Siswa/i setelah melewati Ujian Tengah Semester, Mahasiswa/i Agribisnis mengadakan lomba-lomba yang bermanfaat dan dapat menghibur siswa/i SMA N 1 PUNDUH PIDADA.

Leave a Reply