Pembekalan PKL Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis 2018

Bertempat di Gedung Sakura Polinela, pada tanggal 30 Januari 2018 diselenggarakan kegiatan pembekalan PKL mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis sebanyak 195 mahasiswa semester 6 Program Studi Agribisnis, Akuntansi dan Manajemen Informatika tahun akademik 2017/2018. PKL sendiri merupakan kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan di lapangan secara terbimbing dan terpadu dalam keahlian bidang studi sebagai wahana pembentukan kemampuan akademik/professional.
Kegiatan pembekalan PKL dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung, Dr. Ir. Sarono, M.Si. Dalam sambutannya sekaligus membuka acara kegiatan PKL, Direktur Polinela menyatakan kegiatan PKL ini merupakan kesempatan baik bagi mahasiswa untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan.  Menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknikal. Serta melatih kemandirian berfikir untuk memecahkan masalah-masalah di lapangan dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan di Politeknik Negeri Lampung.

Pembekalan materi PKL diisi oleh Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis Ir. Imam Asrowardi, S.Kom., M.Kom., IPM. Ketua Jurusan menyampaikan bahwa semua mahasiswa yang melaksanakan PKL harus tunduk pada peraturan disiplin yang berlaku di tempat PKL, misalnya berpakaian rapi, masuk dan pulang tepat waktu, tidak membuat keributan, ijin tidak masuk memberitahu pembimbing lapang, dapat bekerjasama dengan baik dan lain-lain. Selanjutnya beliau menyampaikan kegiatan PKL dilakukan selama 10-14 minggu dengan rincian 1-2 minggu persiapan dilakukan di kampus, 8-10 minggu pelaksanaan kegiatan mahasiswa di perusahaan/instansi, 1-2 minggu evaluasi dilakukan di kampus. Selain Ketua Jurusan, secara bergantian Ketua Program Studi memberi materi kegiatan PKL sesuai bidang ilmunya masing-masing. Selanjutnya Dosen Pembimbing PKL membentuk kelompok-kelompok kecil memberi pengarahan teknis kepada mahasiswa bimbingannya.

Kegiatan PKL TA 2017/2018 ini, Jurusan Ekbis menjalin kerjasama penempatan mahasiswa PKL di 69 instansi, baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Lokasi PKL tersebar di Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan lokasi terbanyak di seputar Provinsi Lampung.

 

Leave a Reply