Kuliah Umum Menjawab Tantangan Masa Depan Di Era Revolusi 4.0 Dengan Machine Learning

Bandar Lampung, 4 Oktober 2018. Jurusan Ekonomi dan Bisnis kembali mengadakan kuliah umum,  bertempat di gedung Sakura (S) dengan judul  “ Menjawab Tantangan Masa Depan  di Era Revolusi 4.0 dengan Machine Learning”. Narasumber adalah Prof. DR. Agus Buono, M.Si., M.Kom. Pengajar di Departemen Ilmu Komputer  FMIPA IPB. Beliau lahir pada tanggal 2 Juli 1966 di Surakarta, menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di kota  kelahiran. Pendidikan sarjana S1 dilanjutkan di kota Bogor pada bidang studi Statistik di FMIPA IPB tahun 1992 dan berhasil mendapatkan gelar Ir. Kemudian beliau menempuh pendidikan pascasarjana S2 tahun 1997 di universitas dan bidang studi yang sama dan berhasil menyandang gelar M.Si. Pada tahun 2000 beliau kembali menyelesaikan pendidikan pascasarjana S2 di FMIPA UI pada bidang studi Ilmu Komputer, dan sekali lagi berhasil meraih gelar master yang ke2 kalinya yaitu M.Kom. Selanjutnya pada tahun 2009 beliau berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di UI pada bidang studi Ilmu Komputer dan berhasil meraih gelar DR. Akhirnya pada tahun 2017 beliau mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) pada Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB.

Acara kegiatan umum diawali dengan memberi kata sambutan dan sekaligus membuka acara oleh Sekretaris Jurusan Ekonomi dan Bisnis, ibu Nurmala, S.E.,M.M.,Ak.,Ca. Acara dilaksanakan dari jam 8.30 pagi hingga jam 12.00 WIB dan dihadiri oleh mahasiswa semester V dari berbagai program studi dilingkungan Ekonomi dan Bisnis, yaitu dari program studi Agribisnis, Akuntansi, Manajemen Informatika, Agribisnis Pangan , dan Akuntansi Perpajakan. Selain dihadiri oleh mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen-Dosen di jurusan Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan kuliah umum dibagi dalam 2 sesi, sesi pertama adalah pemaparan materi oleh nara sumber dan sesi kedua adalah tanya jawab. Materi yang disampaikan adalah tentang penerapan Machine Learning pada dunia bisnis di masa revolusi 4.0. Machine Learning atau pembelajaran mesin yang merupakan cabang  dari Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan yang fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar “sendiri” tanpa harus berulang kali diprogram oleh manusia. Ilmu ini juga merupakan teknik yang sangat popular dan banyak digunakan untuk menggantikan atau menirukan tingkah laku manusia dalam menyelesaikan sebuah masalah atau melakukan sebuah otomatisasi pada sebuah pekerjaan. Menurut Prof. Agus Buono ciri khas Machine Learning adalah adanya proses pelatihan dan training data pada data yang telah dikumpulkan. Diantara metode yang paling popular dalam Machine Learning adalah Sistem Pakar, Sistem Pengambil Keputusan, SVM dan Neural Network.

Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah revolusi yang telah mengubah hidup dan cara kerja manusia secara fundamental.  Revolusi 4.0 memiliki skala, ruang, dan lingkup teknologi dengan kompleksitas yang lebih luas. Kemajuan teknologi yang mengintegrasikan dunia fisik, digital dan biologikal  yang mampu mempengaruhi semua disiplin ilmu. Masih menurut Profesor, Revolusi Industri 4.0 merupakan fase ke-4 dari perjalanan revolusi industri manusia. Revolusi 1.0 dimulai dari penemuan mesin uap, revolusi 2.0 dimulai dari penemuan listrik, revolusi 3.0 diawali dengan adanya revolusi teknologi terutama teknologi komputer. Saat ini, kita telah memasuki revolusi 4.0 yang diawali dengan revolusi internet yang terhubung secara cerdas. Sebagai contoh adanya proses penyimpanan awan (cloud), IoT,  dan robotic, rekayasa genetika, dan lain sebagainya.

Diakhir pemaparannya,  Profesor menekankan perlunya bagi mahasiswa untuk mampu menguasai aplikasi machine learning yang diterapkan pada dunia kerja agar dapat berdaya saing. Mahasiswa harus mampu belajar mandiri dan menguasai industri digital sehingga mahasiswa tidak sulit beradaptasi ketika memasuki dunia kerja atau dunia bisnis.