Mahasiswa Prodi Agribisnis Polinela Gelar KBSM di Pekon Siliwangi Pringsewu

Bandar Lampung; Mahasiswa Program Studi Agribisnis dan Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung kembali melakukan kemah bakti sosial masyarakat (KBSM) di Pekon/Desa Siliwangi, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu pada tanggal 22-23 Desember 2018.  Kegiatan ini merupakan perwujudan tri dharma perguruan tinggi yang diemban oleh seluruh civitas akademika.

Sebanyak 300 mahasiswa yang terdiri dari semester 1,3,4 dan 5 mahasiswa agribisnis dan agribisis pangan mengikuti kegiatan tersebut. Dengan didampingi langsung oleh Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis Imam Asrowardi, S.Kom, M.Kom dan dosen Fitriani, S.P.,M.E.P., serta teknisi Berlian Irawan dan Nur Rohim Anwar, para mahasiswa semangat untuk mengisi kegiatan bersama masyarakat setempat.

Menurut Kepala Pekon Siliwangi, Maryono, Desa Siliwangi memiliki potensi yang bagus terutama komoditas buah naga. Banyak masyarakat di desa tersebut memanfaatkan halaman rumahnya ditanami tumbuhan buah naga, yang nantinya buah tersebut dikonsumsi sendiri ataupun dijual.  Sayang buah naga yang dihasilkan hanya berupa buah segar saja, tidak dijadikan bahan olahan. “Dengan melihat potensi daerah tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat Siliwangi untuk meningkatkan pendapatan dari buah naga yang dapat dijadikan bahan olahan, sehingga masyarakat akan memperoleh nilai tambah dari bahan olahan buah naga tersebut”ujar Unischa Adi Rudiyanto selaku panitia acara KBSM, 23 Desember 2018.

Pada kegiatan KBSM tersebut, mahasiswa semester 5 melakukan penyuluhan tentang pengolahan buah naga yang dapat diolah menjadi beberapa produk seperti nugget dari buah naga dan stik dari kulit buah naga serta cara pengemasan produk hasil olahan buah naga tersebut.  Sedangkan mahasiswa semester 1, 3 dan 4 membantu para petani membersihkan ladang dan kandang sesuai dengan komoditas yang telah ditentukan sebelumnya.  Menjelang malam, masyarakat dan mahasiswa melakukan diskusi tentang pembangunan pertanian diselingi dengan pemutaran film tentang pertanian berkelanjutan. Pagi harinya bersama mahasiswa melakukan senam pagi, serta penanaman pohon secara simbolis yang dilakukan oleh kepala pekon beserta jajarannya.

Kajur Ekonomi dan Bisnis pada kesempatan itu berharap agar dengan adanya kegiatan KBSM ini dapat merekatkan hubungan antara Polinela dan masyarakat Pekon Siliwangi serta agar masyarakat mampu membuat produk olahan buah naga agar mendapatkan nilai tambah dari hasil olahan tersebut.