Jurusan Ekonomi dan Bisnis Polinela Berkolaborasi dengan SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Kola borasi merupakan kunci penting dalam suksesi revolusi industri 4.0. Pendidikan vokasi sebagai penyelenggara pendidikan berbasis kompetensi dituntut untuk terus berkembang dinamis dan mampu menghasilkan insan yang terampil. Sehingga kompetensi yang dihasilkan mampu mendukung akselarasi pembangunan nasional.  Politeknik Negeri Lampung memandang bahwa kolaborasi antar penyelenggara Pendidikan vokasi perlu terlaksana. Salah satu perwujudan kolaborasi yang dilakukan adalah dengan menjadi penguji pada uji kompetensi SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 8 s.d. 9 Januari 2019 bertempat di SMK NU 1 Ma’Arif Probolinggo. Jurusan Ekonomi dan Bisnis- Polinela diwakili oleh dua orang dosen sebagai penguji pada kegiatan tersebut, Bapak Imam Asrowardi, M.Kom dan Bapak Dr. Septafiansyah Dwi Putra dari program studi Manajemen Informatika. Perwakilan Polinela tersebut disambut hangat oleh bapak Drs. H. Rakhmat M.M. selaku kepala sekolah SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo, beliau berpesan agar kegiatan ini juga menjadi alat ukur atas pencapaian kompetensi peserta didik selama menempuh Pendidikan di SMK.

Kegiatan UKK (Uji Kompetensi Keahlian) tersebut diikuti oleh 82 peserta didik dari program TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Kegiatan uji kompetensi keahlian ini menguji setidaknya komponen:

  1. Persiapan kerja
  2. Proses
  3. Hasil Kerja
  4. Pengetahuan
  5. Sikap Kerja
  6. Waktu Penyelesaian

Secara lebih spesifik kegiatan UKK menggali kemampuan peserta didik dalam :

  1. Melakukan konfigurasi server tingkat dasar
  2. Melakukkan instalasi dan konfigurasi infrastrukur jaringan dasar
  3. Menguji pengetahuan jaringan dasar melalui kegiatan wawancara terstruktur

Jurusan Ekonomi dan Bisnis Polinela berharap dengan menjalin kerjasama dengan para stakeholder penyelenggara Pendidikan vokasi dapat memberikan manfaat dalam peningkatan mutu pendidikan dan lulusan SMK.