Stadium General Program Studi Perjalan Wisata Jurusan Ekonomi dan Bisnis

Sabtu (28/09) Program Studi Perjalanan Wisata, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung mengadakan Stadium General untuk pertama kalinya yang dilaksanakan di ruang kuliah QB1 kampus Politeknik Negeri Lampung. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen program studi Perjalanan Wisata, juga dihadiri oleh Direkur Politeknik Negeri Lampung, Pembantu Direktur II, Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis, serta para undangan. Dalam upaya mengikuti trend perkembangan pariwisata dan capaian lulusan, maka tema yang diangkat yaitu “Prospek Usaha Pariwisata di Era Industri 4.0” dengan menghadirkan para pembicara yang terkait dan berpengalaman di bidang industri pariwisata.
Rangkaian acara ini dibuka dengan menggunakan 3 bahasa yaitu Bahasa Lampung, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selanjutnya dimeriahkan dengan tarian khas Lampung yaitu Tari Sigekh Pengunten dan Tari Bedana Kreasi, dilanjutkan dengan penampilan beberapa lagu daerah dan nasional. Keseluruhan yang bertugas mengisi acara ini adalah mahasiswa-mahasiswi program studi Perjalanan Wisata, sehingga mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para tamu yang hadir. Kegiatan Stadium General ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Lampung, Bapak Sarono. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa saat ini SDM bidang pariwisata sangat dibutuhkan untuk turut serta mengembangkan pariwisata provinsi Lampung, sehingga kesempatan untuk bekerja dan membuka bisnis bidang pariwisata sangat besar peluangnya. Beliau juga sangat optimis bahwa program studi Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Lampung mampu bersaing di tingkat internasional dengan berbagai konsep pengajaran yang telah dirancang.

Pembicara yang hadir mengisi talkshow sesi I yaitu Ibu Yusnili, Kasi Strategi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Lampung yang mewakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung. Materi yang disampaikan terkait kebijakan dan program pengembangan pariwisata di Provinsi Lampung. Pada sesi II mendatangkan 2 pembicara praktisi di bidang pariwisata yaitu Bpk. Adi Susanto selaku Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Lampung dan Bpk. Dharma Setyawan yang menjadi penggerak Desa Wisata PAYUNGI Kota Metro. Masing-masing sesi talkshow membuka kesempatan tanya jawab antara mahasiswa-mahasiswi dengan para pembicara yang berjalan dengan tertib. Stadium General ini akan diadakan secara rutin oleh program studi Perjalanan Wisata. Harapannya materi yang disampaikan dan didiskusikan dalam kegiatan stadium general ini mampu memberikan pemahaman dan keyakinan bagi mahasiswa bahwa dunia pariwisata saat ini menjadi bidang yang sangat berpeluang untuk dikembangkan dan menjadi ranah bisnis yang prospeknya sangat menjanjikan, sehingga membutuhkan banyak SDM yang kompeten.