Dekatkan Mahasiswa Kepada Dunia Industri, Mahasiswa Perjalanan Wisata Jurusan Ekbis Adakan Field Trip Ke Radin Inten II Airport dan Emersia Hotel & Resort

Mahasiswa Program Studi Perjalanan Wisata, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung mengadakan kegiatan field trip ke Bandar Udara Raden Inten II dan Emersia Hotel & Resort Lampung. Field trip diadakan selama tiga hari mulai dari tanggal 27-29 November 2019. Terdapat dua mata kuliah yang menjadi latar belakang dari kegiatan field trip ini yaitu mata kuliah Tata Operasi darat (Ground Handling) dan Pengantar Akomodasi dan Restoran. Damara Saputra Siregar, S.ST.,M.Par. selaku dosen pendamping dan pengampu mata kuliah Tata Operasi Darat mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan field trip ini adalah unutk memperluas awasan dan pengetahuan mahaiswa secara empirik terkait operasional Bandara dan Hotel. Selaian itu, mahasiswa juga dapat menggali informasi secara langsung kepada para praktisi atau pakarnya terkait Kebandaraan dan Hotel. Program studi Perjlanan Wisata terkait Bandara dan Hotel yang mana kedua tempat ini merupkan objek mata kuliah dari Tata Operasi Darat dan Pengantar Akomodasi dan Restoran.
Teknis Field trip diselenggarakan dengan cara airport tour dan hotel tour yang dipandu oleh perwakilan dari masing-masing dengan pihak terkait. Di Bandara, mahasiswa diajak unutk melihat secara langsung proses penanganan penumpang mulai dari pintu keberangkatan, Security Check, X Ray, Checkin Counter, ruang tunggu tunggu, pintu kedatangan, dan apron. Untuk di hotel sendiri, mahasiswa diajak ke bagian-bagaian operasional hotel seperti back offoice, kitchen, room, fitnes and spa, swimmming pool, restaurant, coffie shop dan ballroom. Damara berharap agar kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa sehingga suatu saat masiswa tidak canggung lagi ketika telah memasuki dunia kerja khususnya yang akan bekerja di Bandara atau Hotel. Selain itu juga, kegiatan ini juga tidak sekedar ajang untuk menambah pengetahuan mahaisswa melainkan sebagai ajang menjalin relasi dengan pihak-pihak yang menjadi stakeholder dalam seistem kepariwisataan. Pihak yang dituju sangat koorperatif dan menyambut dengan baik kedatangan mahasiswa bahkan mengapresiasi mahaisiswa.