Lounching cafe coffee campus “Cocas” & PWMP Store Polinela Jum’at, 27 Desember 2019

Sejalan dengan program Gubernur provinsi Lampung bahwa hari jum’at merupakan hari untuk minum kopi maka pada hari Jum’at tanggal 27 Desember 2019 diadakan acara ngopi bersama dalam rangka grand opening Cafe Coffee Campus dan PWMP Store Polinela.

PWMP merupakan program dari Kementrian pertanian berupa Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian yang bertujuan untuk mencetak techno sosioagripreneur dari dalam kampus.
Wirausahawan yang mampu mengangkat derajat petani menjadi lebih baik dengan mengikutsertakan mereka dalam kegiatan usaha yang dikelola oleh alumni Perguruan Tinggi berbasis pertanian di Indonesia. Polinela merupakan salah satu perguruan tinggi mitra dari Kementan yang baru diikutsertakan tahun 2019 disamping 3 politeknik pertanian lainnya (Payakumbuh, Jember, dan Pangkep).

Program PWMP dimulai dengan kegiatan bimbingan teknis penyusunan proposal bisnis bagi alumni dan calon alumni yang diselenggarakan oleh Polinela. Proposal yang dinilai layak untuk dijalankan akan diberikan bantuan operasional untuk menjadi start up bisnis yang dibimbing oleh satu orang dosen pembimbing yang diangkat oleh Kementrian Pertanian Dr. Irmayani Noer, S.P., M.Si. dan pendamping Sri Handayani, S.P., M.E.P. Pembimbingan ini dilakukan selama tiga tahun, dimana tahun pertama merupakan tahap penumbuhan, tahun kedua merupakan tahap pengembangan, dan tahun ketiga merupakan tahap pemandirian bisnis.

Tahun 2019 Polinela mendapatkan bantuan operasional usaha bagi alumni sebanyak 6 kelompok yang masing-masing beranggotakan 3 orang dimana masing2 kelompok bermitra dengan kelompok tani. Pola kerjasama kemitraan ini merupakan salah satu bentuk sosioagripreneur yang bertujuan membantu petani dalam pemasaran produk, meningkatkan akses pasar dan pemasaran. Keenam kelompok tersebut adalah:

  1. Pemasaran ayam organik
  2. Pemasaran beras organik
  3. Pemasaran abon sapi sehat
  4. Pemasaran melon hidroponik
  5. Pemasaran kopi robusta lampung
  6. Cafe coffe campus “CoCas”.

Seluruh wirausahawan ini telah melaui tahap pemagangan terlebih dahulu pada industri kecil (small entreprise) yang terkait dengan bisnis yang akan mereka jalankan. Terimakasih kepada Kementrian Pertanian yang memercayakan Polinela sebagai salah satu perguruan tinggi mitra, terimakasih kepada Pimpinan Polinela atas suport yang diberikan, terimakasih kepada kelompok tani mitra (Pak Wahyu, Pak Suhadi, Pak Ngadiman), Tokopi Leipe, dan Cafe dr Coffee yang telah memberikan kesempatan kepada calon wirausahawan ini untuk mengikuti kegiatan magang.

Keenam kelompok ini digabung dalam satu inkubator bisnis pemasaran PWMP Store yang beralamat di Ruko Polinela Jl. Haji Komarudin, Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Semoga usaha kita mencetak Techno sosioagripreneur diberkahi Allah, Aamiin.. tabik pun.

View this post on Instagram

27 Desember 2019. Peresmian PWMP Polinela.

A post shared by EKBIS POLINELA (@ekbispolinela) on