Pembekalan calon Peserta PKL Pelaksanaan Semester Genap 2019/2020 Jurusan Ekonomi dan Bisnis.

Ekbis – Jumat (3/Januari/2020). Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Praktek Kerja Lapang (PKL) bagi mahasiswa/i semester V (Program Studi Akuntansi, Agribisnis, dan Manajemen Informatika) dan VII (Program Studi Agribisnis Pangan) untuk pelaksanaan kegiatan PKL Semester Genap 2019/2020 yang akan datang di Gedung S Politeknik Negeri Lampung. Kegiatan pembekalan PKL merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan di Politeknik Negeri Lampung. Tujuan kegiatan tersebut adalah membekali mahasiswa tentang peraturan, tata tertib dan pengetahuan tentang PKL sehingga mahasiswa/i peserta PKL memiliki bekal yang cukup pada saat melaksanakan kegiatan PKL di lapangan. Namun ada yang berbeda, Khusus untuk Jurusan Ekonomi dan Bisnis, pelaksanaan pembekalan PKL dilaksanakan lebih awal dari jadwal induk Politeknik Negeri Lampung dan ini terjadi disetiap tahun akademik. Hal ini dikarenakan Perusahaan/Instansi tempat mahasiswa/i mengharuskan PKL di Perusahaan/Instansi mereka dimulai pada awal bulan Januari 2020.

Pembekalan materi PKL diisi oleh Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis Imam Asrowardi, S.Kom., M.Kom., IPM. Ketua Jurusan menyampaikan bahwa semua mahasiswa yang melaksanakan PKL harus tunduk pada peraturan disiplin yang berlaku di tempat PKL, misalnya berpakaian rapi, masuk dan pulang tepat waktu, tidak membuat keributan, ijin tidak masuk memberitahu pembimbing lapang, dapat bekerjasama dengan baik dan lain-lain. Selanjutnya beliau menyampaikan kegiatan PKL dilakukan selama 10-14 minggu dengan rincian 1-2 minggu persiapan dilakukan di kampus, 8-10 minggu pelaksanaan kegiatan mahasiswa di perusahaan/instansi, 1-2 minggu evaluasi dilakukan di kampus.

Selain materi terkait dengan PKL, pada acara tersebut juga disampaikan tata cara penggunaan aplikasi Bebas Tanggungan dan E-PKL yang telah dikembangkan oleh Jurusan Ekonomi dan Bisnis. Sebagaimana diketahui bahwa dengan aplikasi bebas tanggungan mahasiswa tidak perlu lagi mendatangi lab-lab yang ada dijurusan Ekonomi dan Bisnis untuk meminta validasi tidak adanya pinjaman peralatan saat praktikum maupun di luar praktikum. Begitu juga dengan aplikasi E-PKL, dengan aplikasi tersebut yang saat ini sudah terintegrasi dalam satu account dengan aplikasi E-Mas Ekbis, mahasiswa wajib secara realtime dapat mengetahui informasi terbaru terkait PKL seperti tempat PKL, Kelompok, Pembimbing PKL, berkas-berkas yang dibutuhkan saat ujian PKL, termasuk Nilai-Nilai PKL yang telah diinputkan oleh dosen Pembimbing PKL dan telah divalidasi oleh Ketua Program Studi.