PELATIHAN DAN PEMBIMBINGAN PERPAJAKAN BAGI BENDAHARAWAN DESA

PELATIHAN DAN PEMBIMBINGAN PERPAJAKAN BAGI BENDAHARAWAN DESA PADA DESA-DESA DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN LAMPUNG 

 

Pelatihan dan Pembimbingan Pajak Desa bagi bendaharawan desa di Desa-Desa di kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tanggal 21 September 2021, Ketua:  Rusmianto, S.E., M.Si., Anggota:  Damayanti, S.E.,M.M.,C.A.,Akt.B.K.P, Irawan, S.E.,M.Si., Anita Kusuma Dewi, S.E., M.Com.Acc , Sudiyo,S.S.I.,M.A., Lihan Rini Puspo Wijaya, S.E., M.Si.

Kecamatan Natar merupakan salah satu bagian dari wilayah Kabupaten Lampung Selatan.  Secara administratif Kecamatan Natar terdiri dari 26 desa.  Hasil survei ke desa-desa di Kecamatan Natar dan wawancara terhadap kepala seksi keuangan Kecamatan Natar  oleh  tim PKM  menghasilkan kesimpulan bahwa pada umumnya desa belum melaksanakan pemenuhan aspek perpajakan dalam pengelolaan keuangan desa dengan baik.  Hal ini dapat dilihat dari : (1) Belum seluruhnya aparatur desa memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). (2) Kewajiban Perpajakan terkait PPh Pasal 21 yang meliputi pemotongan, penyampaian SPT masa dan tahunan serta penyetoran sebagian besar belum dilaksanakan.  (3) Kewajiban Perpajakan terkait dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang meliputi pemungutan, penyetoran dan pelaporan juga sebagian besar belum dilaksanakan.  Hal ini secara umum disebabkan oleh lemahnya pengetahuan aparatur desa terutama bendahara desa tentang perpajakan.  Bendahara desa pada umumnya tidak memiliki latar belakang perpajakan dan pada umumnya juga belum pernah mendapatkan pelatihan tentang perpajakan.  Akibatnya, aparatur desa masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya terutama dalam hal menentukan, menghitung, menyetor dan melaporkan kewajiban perpajakan desa.  Oleh karena itu, pembinaan dan pembimbingan terkait dengan perpajakan desa mutlak dilaksanakan agar desa dapat memenuhi kewajiban-kewajiban perpajakannya.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Desa Tanjung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan koordinator mitra PKM ini.  Terdapat 26 Desa  di Kecamatan Natar.  Masing-masing Desa mengirimkan 1 orang utusannya yang menjabat bendahara desa untuk mengikuti program pelatihan dan pembimbingan Perpajakan Desa.  Kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang prinsip-prinsip perpajakan desa, penanganan PPh pasal 21, penanganan PPh pasal 22, penanganan PPh pasal 23, penanganan PPh pasal 4 ayat (2), dan Penanganan Pajan Pertambahan Nilai (PPN).

Penyampaian materi dilakukan secara langsung dengan beberapa metode yang meliputi: ceramah, diskusi kasus, dan praktik.  Para peserta pelatihan dan pembimbingan sangat antusias selama proses kegiatan.  Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi terkait dengan tatacara perhitungan, pembayaran, dan pelaporan berbagai pajak yang menjadi kewajiban desa.

Dari hasil kegiatan pembimbingan dan pelatihan dan pembimbingan perpajakan desa, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan keterampilan para bendaharawan desa tentang prinsip-prinsip perpajakan desa, penanganan PPh pasal 21, penanganan PPh pasal 22, penanganan PPh pasal 23, penanganan PPh pasal 4 ayat (2), dan Penanganan Pajan Pertambahan Nilai (PPN), pembayaran melalui e-billing dan pelpaoran melalui e-filling telah meningkat.

 

 

Pembukaan Pelatihan dan Pembimbingan Pajak Desa