Penyerahan Apresiasi Jurusan Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Ekonomi dan Bisnis menyerahkan Apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi di Bidang Akademik
Memaknai arti prestasi dalam konteks pendidikan tinggi tidaklah mudah karena prestasi dapat dimaknai secara subyektif dan melalui berbagai cara. Dalam konteks pendidikan tinggi (yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau universitas),
Pertama, prestasi dalam konteks pendidikan tinggi dapat dilihat sebagai prestasi akademik dan prestasi non-akademik. Prestasi akademik bagi mahasiswa secara mudah dapat diukur melalui pencapaian Indeks Prestasi Semester atau Kumulatif (IPS/IPK) yang biasanya ditandai dengan angka mutu tertentu, biasanya nilai akhir A.
Sementara prestasi non-akademik biasanya didapat melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler melalui peminatan tertentu misalnya bidang olahraga.
Selain itu, prestasi non-akademik juga kadang dilihat melalui pencapaian posisi-posisi tertentu dalam struktur kelembagaan pendidikan tinggi. Bagi para mahasiswa, posisi tertentu dalam struktur kelembagaan kemahasiswaan seperti misalnya presiden mahasiswa, ketua majelis perwakilan mahasiswa, dan ketua himpunan menunjukkan bahwa seseorang dianggap mampu dan cakap untuk memimpin organisasi kemahasiswaan dan mengorganisir program kerja yang ada.
Kedua, untuk dapat meraih prestasi-prestasi seperti yang telah disebutkan di atas, tentu peran perguruan tinggi dalam menyediakan waktu dan tempat sangatlah penting. Bagi para mahasiswa dan dosen, ruang baca (perpustakaan) dan ruang-ruang komunal untuk berdiskusi dapat menunjang capaian prestasi yang diharapkan. Bagi mahasiswa, diskusi menjadi salah satu cara untuk mengasah tidak saja kemampuan akademik tapi juga non-akademik. Diskusi dan belajar memahami perbedaan dapat mengasah kemampuan akademik dan non-akademik yang dapat dijadikan modal masuk dalam ‘hutan liar’ dunia kerja yang sangat kompetitif